079. Qs. An-Naaziaat : 41-46

041. (Maka sesungguhnya surgalah tempat tinggalnya) kesimpulan makna yang terkandung di dalam Jawab syarat ini ialah, bahwasanya orang yang durhaka akan dimasukkan ke dalam neraka, dan orang yang taat akan dimasukkan ke dalam surga.

042. (Mereka bertanya kepadamu) yakni orang-orang kafir Mekah itu (tentang hari kiamat, kapan terjadinya) kapankah saat terjadinya.

043. (Tentang apakah) atau mengenai apakah (hingga kamu dapat menyebutkan waktunya?) maksudnya, kamu tidak memiliki ilmu mengenai kejadiannya sehingga kamu dapat menyebutkan waktunya.

044. (Kepada Rabbmulah dikembalikan kesudahannya) yaitu mengenai ketentuan waktunya, tiada seseorang pun yang mengetahuinya selain Dia.

045. (Kamu hanyalah pemberi peringatan), maksudnya sesungguhnya peringatanmu itu hanyalah bermanfaat (bagi siapa yang takut kepadanya) yakni takut kepada hari kiamat.

    046. (Pada hari mereka melihat hari itu, mereka merasa seakan-akan tidak     tinggal) di dalam kubur mereka (melainkan sebentar saja di waktu sore atau     pagi hari) artinya, pada suatu sore hari atau pada suatu pagi hari. Di sini     dianggap sah mengidhafahkan lafal Adh-Dhuhaa kepada lafal Al-'Asyiyyah,     disebabkan di antara keduanya terdapat kaitan yang amat erat, sebab     kedua-duanya merupakan permulaan dan penghujung suatu hari, dan Idhafah di     sini dianggap baik karena kedua kalimatnya terpisah